7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Puasa
Gambar ilustrasi / Healthtap
Deloiz.com - Bau mulut dapat terjadi karena bebarapa alasan, diantaranya bisa berasal dari jenis makanan yang dikonsumsi misalnya bawang, petai, jengkol. Alasan lainnya karena tidak ada makanan yang masuk ke lambung, sehingga asam lambung diproduksi lebih banyak, yang mana akan menghasilkan gas yang keluar lewat mulut. Kebiasaan merokok juga menyebabkan napas menjadi bau.


Bau mulut atau halitosis kronis bisa sangat memalukan, tapi itu adalah kondisi umum dan ada banyak cara untuk melawannya. Kebersihan gigi dan mulut menjadi satu kesatuan yang harus diperhatikan, apalagi salama bulan Ramadan. Dengan terjaganya kesehatan mulut maka kita dapat dengan leluasa menjalani berbagai kegiatan. Berikut tips untuk melawan bau mulut serta menjaga mulut Anda sehat setiap hari.

Sikat gigi dua kali sehari


Sikat gigi Anda dua sampai tiga menit dua kali sehari untuk menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan. Menyikat gigi di bulan Ramadan bisa dilakukan sebelum tidur dan sesudah makan sahur. Anda dapat mencoba menambahkan baking soda untuk mengurangi keasaman dalam mulut dan membuat sulit bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut tumbuh.

Bersihkan lidah


Cara membersihkan lidah bisa dengan menyikatnya atau menggunakan pengikis lidah yang tersedia di toko obat. Jika Anda tidak memiliki pengikis lidah, Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menyikat lidah, bahkan untuk beberapa produk sikat gigi sudah ditambahkan di belakang sikat untuk membersihkan lidah.

Gunakan obat kumur/mouthwash


Perlu dikethaui bahwa jika masalah gigi adalah penyebab bau mulut kronis, obat kumur hanya akan menutupi bau dan tidak menyembuhkan. Dalam beberapa kasus, larutan kumur dapat benar-benar memperburuk masalah bau mulut oleh iritasi jaringan oral. Untuk keadaan darurat freshen-up, coba cepat bilas dengan campuran air dan beberapa tetes minyak peppermint. Atau bilas mulut Anda dengan teh hitam atau hijau: menurut sebuah studi oleh University of Illinois di Chicago, membilas mulut Anda dengan teh hitam atau hijau menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Berhenti merokok


Merokok berkontribusi untuk bau mulut. Tembakau cenderung mengeringkan mulut Anda dan dapat meninggalkan bau yang tidak menyenangkan bahkan setelah menyikat gigi.

Minum air yang cukup


Pastikan untuk minum air yang cukup (enam sampai delapan gelas 8) setiap hari untuk menghindari mulut kering. Minum air akan membantu menjaga bau di bawah kendali karena membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri, penyebab utama bau mulut. 

Makan permen atau mengunyah permen karet


Makan permen tanpa gula atau mengunyah permen karet bebas gula untuk merangsang aliran air liur bagus untuk mulut kering Anda. Air liur akan membantu untuk membasuh sisa-sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Kunjungi dokter gigi


Cara terbaik untuk memastikan bahwa kebersihan mulut terjaga dengan baik yaitu dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur. Jika Anda memiliki bau mulut kronis, Anda harus ke dokter gigi untuk menyingkirkan masalah gigi. Atau, jika dokter gigi Anda percaya bahwa masalah ini disebabkan dari sumber sistemik (internal) seperti infeksi, ia mungkin merujuk Anda ke dokter spesialis untuk membantu memperbaiki penyebab masalah.

Loading...
loading...

Post a Comment Blogger

 
Top