loading...
Deloiz.com - Dalam kehidupan sehari-hari, tidur memiliki peranan penting untuk menunjang aktifitas keseharian Anda. Kebanyakan orang muungkin tidak menyadari berapa banyak tidur yang mereka butuhkan. Selepas tidur malam yang baik, Anda akan merasa lebih baik, pikiran Anda lebih jernih, dan emosi pun baik. Tanpa tidur yang cukup, penilaian, suasana hati, dan kemampuan untuk belajar dan menyimpan informasi akan melemah.

Cara mendapatkan tidur nyenyak dimulai dengan menjaga jadwal tidur yang konsisten dan menciptakan lingkungan kamar tidur yang bagus untuk relaksasi. Kasur juga memainkan peran kunci dalam kualitas tidur Anda. Tidak peduli jenis dan merk , yang penting Anda merasa nyaman ketika tidur.

gambar sedang tidur
Ilustrasi / Sedang tidur

Waktu yang Diperlukan Untuk Tidur


Kebutuhan tidur setiap individu berbeda-beda, National Institute of Neurological Disorders and Stroke melaporkan bahwa sebagian besar orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam semalam. Meskipun, beberapa orang mungkin perlu sedikitnya 5 jam per malam dan lain-lain mungkin perlu hingga sembilan atau sepuluh jam tidur setiap hari untuk fungsi yang tepat.

Persyaratan tidur dengan Umur
  • Balita (3-5 tahun) 11-13 Jam
  • Sekolah-Anak usia (berusia 5-10 tahun) 10-11 Jam
  • Remaja (11-17 tahun berusia) 8-9 Jam
  • Dewasa 7-9 Jam

Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan jumlah yang tepat tidur secara teratur cenderung hidup lebih lama, hidup sehat daripada mereka yang sedikit tidur atau bahkan terlalu banyak tidur. Inilah pentingnya membuat tidur menjadi berkualitas.

Berikut adalah beberapa manfaat tidur berkualitas:

1. Tidur membantu mengontrol berat badan


Tidur membantu mengatur hormon yang mempengaruhi dan mengontrol nafsu makan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika tubuh Anda kurang tidur, saldo hormon yang normal terganggu dan nafsu makan meningkat. Sayangnya peningkatan nafsu makan tidak menyebabkan keinginan untuk buah-buahan dan sayuran. Sebaliknya, tubuh Anda merindukan makanan tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat.

2. Tidur membantu memperbaiki tubuh


Tubuh Anda memproduksi molekul protein tambahan ketika sedang tidur yang membantu memperkuat kemampuan Anda untuk melawan infeksi sehingga tetap sehat. Molekul-molekul ini membantu sistem kekebalan tubuh Anda memperbaiki tubuh Anda pada tingkat sel ketika Anda sedang stres atau terkena unsur-unsur seperti polutan dan bakteri menular.

3. Tidur membantu menjaga jantung sehat


Sistem kardiovaskular Anda terus-menerus di bawah tekanan dan tidur membantu mengurangi tingkat stres dan peradangan dalam tubuh. Tingginya kadar "penanda inflamasi" terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Tidur juga dapat membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol (yang memainkan peran dalam penyakit jantung).

4. Tidur mengurangi stres


Tidur malam yang baik dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stres, yang merupakan hasil alami dari gaya hidup serba cepat saat ini. Tekanan darah tinggi dapat mengancam kehidupan dan efek fisik stres dapat menghasilkan "'keausan" pada tubuh Anda dan sel-sel menurun, yang mendorong proses penuaan. Tidur membantu untuk memperlambat efek ini dan mendorong keadaan relaksasi.

5. Tidur meningkatkan memori Anda


Perasaan pusing ketika kurang tidur membuat sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini sering menyebabkan masalah memori dengan fakta-fakta dapat terlihat pada wajah, sulit menerima pelajaran, atau bahkan percakapan tidak nyambung. Salah satu manfaat besar dari tidur adalah bahwa memungkinkan otak Anda untuk memproses pengalaman dan pengetahuan baru lebih baik, serta meningkatkan pemahaman. 

6. Tidur mengurangi terjadinya gangguan mood


Ketika tidur tidak berkualitas, banyak orang menjadi gelisah atau murung hari berikutnya. Namun, ketika menjadi masalah kronis, penelitian telah menunjukkan hal itu dapat menyebabkan gangguan mood jangka panjang seperti depresi atau kecemasan.

7. Tidur mengurangi munculnya diabetes


Para peneliti telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dengan mempengaruhi bagaimana tubuh Anda memproses glukosa, yaitu merupakan karbohidrat sel yang digunakan untuk bahan bakar.

Divisi Sleep Medicine di Harvard Medical School melaporkan bahwa sebuah studi menunjukkan sekelompok sehat orang yang telah mengurangi tidur mereka dari delapan sampai empat jam per malam diproses glukosa lebih lambat. Inisiatif penelitian lain telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang biasanya tidur kurang dari lima jam per malam memiliki risiko sangat meningkat dari diabetes berkembang.

Itulah 7 manfaat tidur berkualitas, mudah-mudahan dengan tidur berkualitas, maka hidup Anda akan berkualitas juga. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidur cukup dan konsisten setiap harinya. 

Loading...

Post a Comment Blogger

Loading...
 
Top