Deloiz.com - Pastinya Anda mengetahui tentang jahe, tanaman ini digunakan sebagai makanan dan obat-obatan selam ribuan tahun oleh orang India, Arab, dan Asia lainnya. Jahe merupakan tanaman tropis dalam keluarga botani sama seperti kunyit dan kapulaga. jahe memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita misalnya untuk meredakan rasa mual muntah baik karena penyakit maupun mabuk di perjalanan.

Minuman jahe
Minuman jahe
Baca juga: Manfaat pelukan Untuk Kesehatan

Berbagai penelitian dilakukan yang kemudian menegaskan bahwa jahe dapat mengurangi mual dan muntah dari beberapa penyebab: morning sickness, perawatan kemoterapi, marah pasca operasi, dan mabuk. Penelitian lain menunjukkan bahwa, ketika ditambahkan ke obat anti-mual, lebih lanjut dapat mengurangi mual dan muntah akibat kemoterapi. Jahe merupakan obat multi-faceted dengan setidaknya enam efek penyembuhan:
  1. Mengurangi rasa sakit dan peradangan, sehingga berguna dalam mengelola arthritis, sakit kepala, dan kram menstruasi.
  2. Jahe memiliki efek pemanasan dan merangsang sirkulasi. Karena sifatnya yang hangat cocok juga ketika cuaca lagi dingin.
  3. Jahe menghambat rhinovirus, yang dapat menyebabkan flu biasa.
  4. Jahe dapat mencegah sakit maag yang disebabkan obat anti-inflammatory, seperti aspirin dan ibuprofen.
  5. Jahe menghambat bakteri seperti Salmonella, yang menyebabkan diare, dan protozoa, seperti Trichomonas.
  6. Dalam saluran usus, mengurangi gas dan kejang yang menyakitkan.
Untuk mendapatkan manfaat dari jahe saat ini tidaklah susah, karena kita bisa mendapatkannya di pasar, supermarket, toko jamu/obat, atau dari pedagang wedang jahe. Tetapi untuk mendapatkan nilai maksimal, Anda bisa mencoba untuk mengolahnya sendiri sehingga terjamin kebersihannya.

Loading...
loading...

Post a Comment Blogger

 
Top