Deloiz.com - Sariawan atau ulkus mulut dapat terjadi karena berbagai hal. Orang terkena sariawan biasanya tidak dapat menikmati makanan enak sekalipun karena terasa nyeri dan ngilu jika tersentuh. Sariawan kadang muncul secara tiba-tiba atau kolektif, merupakan tanda-tanda stres, bisa juga kerena kerja berlebihan. Hal lainnya dapat memicu sariawan misalnya, kawat gigi, menggigit bagian dalam pipi dan terlalu antusias ketika menyikat gigi. 
Sariawan
Sariawan
Tanda-tanda Sariawan

Secara visual ulkus mulut berwarna merah seperti bisul dengan pusat kuning dengan diamneter bisa mencapai satu sentimeter. Munculnya sariawan terkadang mencerminkan masalah kesehatan lainnya seperti alergi terhadap gluter (ditemukan dalam gandum, barley, dan rye) atau inflamasi usus, fluoride atau zat lainnya. Apabila menggunakan tes darah bisa juga menunjukkan kekurangan zat besi.

Mempercepat Penyembuhan

Untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan, hisaplah seng dan permen vitamin C setiap dua jam. Jika terasa yang sangat menyakitkan, untuk instan (tapi sementara) lega, membuat pasta dari soda bikarbonat dan air dan pak pada ulkus. Mengisap tablet antasida akan memiliki efek yang sama.

Memilih Makanan Saat Sariawan

Hindari jenis makanan pedas dan asam karena akan menyakiti. Sebaliknya, pilih makanan seperti semangka, pir, ketimun dan daun selada. Jika bisul membuatnya terlalu menyakitkan untuk mengunyah, cobalah makanan yang encer, bubur, sup dan jus sayuran. Acidophilus yoghurt adalah baik untuk menenangkan dan penyembuhan.

Pencegahan Sariawan

Jika Anda rentan terhadap penyakit sariawan, penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal untuk meningkatkan kekebalan dan suplemen secara rutin. Ini termasuk vitamin C, A dan seng serta herbal seperti echinacea, astragalus dan nila liar. Selain itu, dua vitamin B khususnya - asam folat (B9), dan tiamin (B1), telah terbukti untuk menyembuhkan dan mencegah sariawan.

Jika stres merupakan pemicunya, cobalah untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi serta menghilangkan stres dan mencoba kegiatan seperti yoga, meditasi dan berjalan-jalan.

Loading...
loading...

Post a Comment Blogger

 
Top