Deloiz.com - Apakah Anda suka mengkonsumsi madu? Madu itu memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Ketika berjalan-jalan ke pasar atau supermarket, disana kita akan menjumpai banyak merk tersedia. Sehingga akan sulit membedakan mana madu asli. Disini kami akan membantu bagaimana cara membedakan antara madu asli sama palsu.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu
Membedakan madu asli dan palsu
Bagaimana madu asli terbentuk?

Lebah merupakan penghasil madu yang terbuat dari nektar dan dikumpulkan dari bunga. Nektar akan dibawa ke sarang di mana ia pergi melalui tiga tingkat pengolahan (oleh lebah). Selama tahap pertama dari pengolahan, enzim disuntikkan ke sehingga nektar mengental dan fermentasi nektar. Selanjutnya, tingkat kedua pengolahan lebih lanjut nektar kental mengubahnya menjadi madu. Pada langkah ketiga, langkah terakhir nektar diproses lebih lanjut dan ini dilakukan dengan mengekstraksi air dari nektar membuat madu longgar sekitar 80% dari kadar air total. Inilah sebabnya mengapa madu mengental, kaya warna coklat keemasan dan memiliki konsistensi tebal. Pada tahap madu ini siap untuk diekstraksi dari sarang. Jika diambil terlalu dini, madu akan berair dan longgar.

Cara sederhana membedakan madu asli dan buatan

> Tes menggunakan air

Sifat madu asli tidak bercampur dengan mudah di dalam air. Oleh karena itu ketika Anda menuangkan sendok madu dalam segelas air (hangat, panas atau dingin) itu akan mengendap di bagian bawah dan harus diaduk agar bisa tercampur secara menyeluruh. Sedangkan pada kasus madu palsu, mudah bercampur dalam air bahkan tanpa diaduk.

> Tes kristalisasi

Selama tingkat ketiga pengolahan lebah madu menanamkan dengan enzim yang mengekstraksi air (bahkan ketika disimpan). Inilah sebabnya, madu bila disimpan cenderung untuk membentuk tebal, kristal rumpun di bagian bawah botol. Disebabkan karena aksi berkelanjutan dari enzim, madu asli akan selalu mengkristal bila disimpan. Sedangkan buatan, tercemar atau madu palsu tidak akan.

> Uji dengan kartas

Silahkan ambil dua lembar kertas dan menempatkan dua sampel madu di kedua lembar (pastikan memberi label pada masing-masing bagian) dan biarkan tetap. Madu asli, karena kurangnya kadar air, tidak akan membasahi kertas dan melubangi secepat madu palsu atau dipalsukan.

> Tes memakai jari

Tes ini cukup subjektif karena didasarkan pada bagaimana perasaan Anda setelah menerapkan madu pada jari-jari Anda. Tapi itu patut dicoba. Ambil beberapa madu dan gosokkan di antara ibu jari dan jari telunjuk. Setelah beberapa saat Anda akan melihat bahwa sementara beberapa telah diserap ke dalam kulit Anda, sisanya tidak akan meninggalkan rasa lengkat di jari Anda. Di sisi lain madu palsu seringkali mengandung banyak gula yang membuatnya sangat lengket ketika menyentuh.

Sekian cara sederhana membedakan antara madu asli dan palsu atau campuran. Jadi sebaiknya berhati-hati sebelum membeli, jangan sampai keliru dan tertipu. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Post a Comment Blogger

 
Top